Bajakah Diklaim Bisa Sembuhkan Kanker, Kemenkes: Jangan Langsung Percaya

[Liputan6comJakartaMarakmencariinformasitentangbajakahdariKalimantanTengahyangdapatdigunakanuntukmencegahkankerpayudaraInformasiinidikeluarkansetelahduasiswiSMA2PalangkaRayaAysaAurealyaMaharanidanAngginaRafitrimendapatpenghargaandiajangKreativitasPenemuanDunia(WICO)dariSeoulKoreaSelatanterkaitpenelitiannyapadakayubajakahsebagaiobatkanker

Namun, bukti khasiat bajakah sebagai obat kanker tersebut patut ditelusuri. Kepala Broom Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI, Akhmad Saikhu mengingatkan masyarakat agar tidak langsung percaya terhadap bajakah bisa menyembuhkan kanker.

"Diagnosis dokter harus dilakukan. Penggunaan obat tradisional atau jamu untuk menguatkan dayan tahan tubuh bisa saja. Tapi tidak bisa dinyatakan sembuh, "jelas Saikhu, dikutip laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Jumat (16/8/2019).

Melihat pemberitaan bajakah disebut tanaman, Saikhu menerima, sebenarnya bajakah adalah sebutan bagi batang menjalar yang menjadi bagian dari tanaman.

"Istilah 'tanaman bajakah' belum disetujui pada jenis spesies tertentu Kementerian Kesehatan akan segera melakukan penelusuran bajakah obat kanker yang telah dilakukan oleh dua pelajar SMA di Palangka Raya," lanjutnya.

Related posts

Leave a Comment