Eksklusif! Lihat teks asli proklamasi


Jakarta – Ini kisah selembar kertas yang mengubah nasib Indonesia. Tulisan-tulisannya adalah tekad yang berkembang untuk menjadi mandiri. Teks proklamasi disimpan sepanjang zaman.

P R A L L S S I

Kami, orang Indonesia, mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Kasus-kasus tentang pengalihan wewenang di abad ke-21 telah diselesaikan secara menyeluruh dan sesegera mungkin.

Jakarta, 17 – 8 – 05
Atas nama orang Indonesia
Soekarno / Hatta.

Apakah Anda ingat kata-kata di atas? Ya, di masa lalu, membaca teks proklamasi di upacara sekolah sering digemakan. Anda mungkin sudah membaca teks ini saat masih di sekolah.

Tim detikcom diberi wewenang untuk secara eksklusif meliput teks asli Proklamasi. Bukan di istana negara, di museum atau di tempat lain, tetapi di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang berlokasi di Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan.

Teks proklamasi, harta rakyat Indonesia, tidak dapat dilihat oleh siapa pun. Ya, kami beruntung karena hanya segelintir orang yang diizinkan mengakses naskah asli.

"Hanya orang-orang tertentu yang memiliki otorisasi kepala ANRI. Ya, dapat wakil-wakil Negara (presiden, menteri, kepala lembaga, gubernur, Bupati atau wali) dikutip, direktur pelestarian ANRI Kandar.

Direktur pelestarian ANRI Kandar, di sebelah kanan (Ahmad Masaul Khoiri / detikcom)
Rasa bangga dan hormat 'Emosi memungkinkan kami memasuki ruangan tempat naskah Proklamasi asli berada. Kamar ini bertempat di sebuah bangunan beberapa bangunan repositori atau penyimpanan arsip.

Udara dingin memiliki segera disergap ketika memasuki ruang khusus. Naskah proklamasi disimpan dengan rapi di brankas yang ditempatkan di lemari besi.

Selimut kertas kosong dilepas dari Setelah tutupnya terbuka, tetap ada n folder ditutupi dengan kain batik. Dan, ini adalah naskah Proklamasi asli yang telah mengalami proses pemeliharaan seperti penggulungan.

Teks proklamasi asli ini masih terpelihara dengan baik dan dapat dibaca dengan jelas oleh tulisan-tulisan Bung Karno. Itu adalah salah satu dokumen sebenarnya dari harta karun Indonesia dan kami terkadang melupakannya setelah 74 tahun kemerdekaan.

Naskah asli proklamasi ditulis tangan oleh Sukarno dengan bantuan pensil. Ada beberapa coretan dan setelah mengetik naskah ini, ternyata dibuang ke tempat sampah.

Peta batik dan teks proklamasi otentik (Ahmad Masaul Khoiri / detikcom)
"Di masa lalu, teks Proklamasi ditekan dan dibuang ke tempat sampah. Itu baik di masa lalu. kompiler, ada seorang reporter bernama BM Diah. Setelah itu, disepakati untuk menulis perjanjian luar biasa ini antara Soekarni, Soebardjo dan para pemimpin pemuda yang cukup radikal dengan Bung Karno dan Hatta, "jelasnya. Kandar.

"Setelah persetujuan luar biasa" Sayuti Melik mengetik teks Proklamasi, setelah menulisnya. Dia terlempar ke tempat sampah. BM Diah sebagai jurnalis, ia diselamatkan dan disimpan di rumahnya di Jakarta. Itu kemudian diserahkan kepada Presiden Soeharto pada 29 Mei 1992, "tambahnya.

] Anda yang ingin melihat salinan naskah Proklamasi asli dapat datang dan mengunjungi ANRI. rasa nasionalisme dari sini

Memang, tidak semua orang memiliki akses ke teks proklamasi asli ini. Tapi publik dapat melihat salinannya di kamar ANRI Diorama , yang terbuka untuk umum dan turis

"Jika setiap orang memiliki hak untuk melihatnya nanti, mungkin saja mereka menyentuh naskah dan merusaknya. Jika Anda ingin melihat salinannya, dia ada di diorama Anior, "tambahnya.

Teks proklamasi adalah aset berharga bagi negara. Keamanan sangat tinggi. Pada kesempatan peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, detikcom akan secara khusus memeriksa teks proklamasi dan tempat-tempat penting terkait, dari mana ia diproduksi, dibaca, dan disimpan sepanjang zaman.

Tonton video " Kepanikan warga Jakarta terguncang oleh gempa bumi M 7.4 "
[Gambas:Video 20detik] [194590013] [msl9009006] (msl / fay)

Related posts

Leave a Comment